SELAMAT DATANG DI ROCHESTER JERSEY TEMPAT PRODUKSI JERSEY BORDIR DAN PRINTING JOGJA

10 Olahraga tertua di dunia


Bagi sebagian orang mungkin ada yang belum tau olahraga yang paling lama atau tertua di dunia adalah apa, artikel kali ini akan membahas mengenai cabang olahraga tertua yang hingga kini masih eksis di dunia.Berikut adalah 10 olah raga tertua ciptaan manusia yang masih eksis hingga sekarang.

1. Senam
Ditemukan: 1569
Penemu: Italia
Masuk Olimpiade: 1896 (Olimpiade Modern)

2. Polo
Ditemukan: 400
Penemu: Persia
Masuk Olimpiade: 1900 (Olimpiade Modern)

3. Lempar Cakram
Ditemukan: Sekitar 700 SM
Penemu: Yunani
Masuk Olimpiade: 708 SM (Olimpiade Kuno), 1896 (Olimpiade Modern)

4. Lompat Jauh
Ditemukan: sekitar 700 SM
Penemu: Yunani
Masuk Olimpiade: 708 SM (Olimpiade Kuno), 1896 (Olimpiade Modern)

5. Tinju
Ditemukan: sekitar 750 SM
Penemu: Romawi Kuno
Masuk Olimpiade: 688 SM (Olimpiade Kuno),1904 (Olimpiade Modern)

6.  Lari/Sprint
Lari adalah olahraga yang sederhana, karena tidak memerlukan peralatan. Di Gua Lascaux, Prancis, ada gambar manusia yang sedang melakukan lari/sprint. Menurut perkiraan, gambar itu dibuat 15.300 tahun yang lalu.

O iya, lomba lari pertama kali diadakan di Irlandia pada tahun 1829 sebelum masehi. Lomba lari mulai ada di dalam olimpiade pada tahun 776 sebelum masehi.

7.  Panahan
Para ilmuwan menemukan busur dan anak panah yang dibuat pada tahun 20000 sebelum masehi. Orang Mesir adalah orang yang suka menggunakan busur dan anak panah untuk berburu dan berperang.

Tak hanya orang Mesir, orang Persia, Parthia, India, Tiongkok, dan Jepang juga menggunakan busur dan anak panah sejak lama. Olahraga ini ada di olimpiade pada tahun 1900-an,

8.  Renang
Renang adalah olahraga yang menyenangkan. Di dataran tinggi Gilf, di Gurun Libya ada gambar manusia sedang berenang. Menurut para arkeolog, gambar itu dibuat sejak tahun 6000 sebelum masehi.

Namun, renang baru dilombakan tahun 1800-an dan dimasukkan ke dalam olahraga olimpiade pada tahun 1896.

9. Sepak Bola
Sepak bola adalah olahraga yang digemari banyak orang. Olahraga ini sudah ada sejak tahun 2500 sebelum masehi di Tiongkok. Kala itu, olahraga ini bernama Tsu Chu. Cara bermainnya juga sama seperti permainan sepak bola saat ini.

Di masa Dinasti Han (206 SM – 220 SM), olahraga ini sangat populer, terutama di kalangan kerajaan. Namun, kepopuleran olahraga ini mulai menurun di masa Dinasti Ming (1368 - 1644).

10. Angkat Berat
Sebagai olah raga kuno yang setua sejarah manusia, yang mempertunjukkan manifestasi kekuatan manusia secara langsung, angkat berat tidak hanya menjadi popular, tapi juga berkembang menjadi cabang olah raga modern pada abad 21.Kesederhanaan yang tampak dari hanya sekedar mengangkat barbel dari lantai ke atas kepala dalam satu atau dua gerakan sangatlah menipu. Angkat berat menuntut kombinasi dari tenaga, kecepatan, teknik, konsentrasi dan pewaktuan yang tepat. Atlet angkat berat, atau lifter, dari kelas berat super biasanya dijuluki sebagai Pria dan Wanita Terkuat di Dunia. Namun, jika dilihat dan diperhitungkan dari kilo-per-kilo, lifter kelas  teringan justru sering kali lebih kuat. Angkat berat pria sudah menjadi bagain program sejak Olimpiade modern pertama di Athena pada tahun 1896.

nah itu tadi rangkuman dari sebagian olahraga tertua di dunia, apakah kalian tertarik untuk mencoba ??

Postingan terkait: