SELAMAT DATANG DI ROCHESTER JERSEY TEMPAT PRODUKSI JERSEY BORDIR DAN PRINTING JOGJA

30 Atlet dunia paling berprestasi


Olimpiade merupakan ajang olahraga terbesar di dunia yang diselenggarakan setiap empat tahun. Ribuan atlet dari lebih 200 negara di seluruh dunia ikut berpartisipasi untuk meraih ratusan keping medali dalam setiap penyelenggaran olimpiade. Para atlet itu pun berusaha menunjukkan prestasi demi mendapatkan medali, bahkan tidak sedikit yang mencatatkan rekor dunia. Berikut 30 atlet dunia yang paling berprestasi di olimpiade sepanjang masa.

1. Jesse Owens


Mantan atlet Amerika Serikat ini pernah disebut sebagai ‘atlet terbesar dan paling terkenal dalam sejarah atletik Amerika Serikat’ oleh surat kabar New York Times. Jesse Owens ikut berpartisipasi dalam Olimpiade Berlin pada tahun 1936 yang dibuka secara resmi oleh Adolf Hitler. Pria yang sudah meninggal pada tanggal 31 Maret 1980 dalam usia 66 tahun ini pun berhasil meraih empat medali emas sekaligus lewat cabang olahraga lari dan lompat jauh.

2.Usain Bolt


Dijuluki sebagai manusia tercepat, Usain Bolt telah mencatatkan rekor dunia dalam cabang olahraga lari nomor 100 meter dengan waktu 9,58 detik. Sprinter legendaris Jamaika ini mulai berpartisipasi di ajang olimpiade sejak Olimpiade Beijing pada tahun 2008, setelah sukses luar biasa di kejuaraan dunia junior. Dia pun langsung memenangkan tiga medali emas pada kesempatan debutnya itu, dan tiga medali emas lagi di Olimpiade London 2012.

3.Nadia Comaneci


Dia dianggap sebagai pesenam paling sempurna sepanjang masa dalam olimpiade. Di usia masih 14 tahun, Nadia Comaneci ikut dalam Olimpiade Montreal di Kanada pada tahun 1976 mewakili Rumania, dan langsung menciptakan rekor dunia dengan nilai sempurna, 10. Ketika itu, dia berhasil meraih tiga medali emas, satu medali perak, dan satu medali perunggu. Kemudian, dua medali emas dan dua medali perak di Olimpiade Moskow, Rusia tahun 1980.

4.Jim Thorpe


Tak hanya menuai sukses di football america dan bisbol, Jim Thorpe juga bisa bermain dalam cabang olahraga basket dan berbagai acara di olimpiade, sehingga dikenal sebagai atlet yang bisa bermain dalam beberapa cabang olahraga. Dia pun berhasil meraih medali emas di cabang Decathlon dan Pentathlon pada Olimpiade Stockholm, Swedia, tahun 1912 mewakili Amerika Serikat. ABC Sports pun memilihnya sebagai ‘Olahragawan Terbesar Abad 20’.

5.Paavo Nurmi


Tidak terkalahkan untuk rekor dunia 121 lomba pada nomor di atas 800 meter, termasuk tak terkalahkan dalam nomor cross country dan nomor 10.000 meter selama 14 tahun karirnya, mantan pelari jarak menengah-jauh Finlandia, Paavo Nurmi pun dianggap sebagai yang terbaik sepanjang masa, bahkan setelah kematiannya tahun 1973. Dia meraih sembilan medali emas dan tiga perak dalam tiga edisi olimpiade pada tahun 1920, 1924, dan 1928.

6.Mark Spitz


Atlet renang dari Amerika Serikat ini adalah yang terhebat sebelum juniornya memecahkan semua rekornya. Mark Spitz memenangkan tujuh medali emas di Olimpiade Munchen tahun 1972, yang menjadi salah satu penampilan terbaiknya dalam sejarah olimpiade. Sebelumnya dia juga sudah pernah meraih dua medali emas, satu perak dan satu perunggu di Olimpiade Mexico tahun 1968. Alhasil, dia terpilih masuk ‘Hall of Fame’ dunia renang pada tahun 1977.

7.Carl Lewis


Satu lagi atlet dari Amerika Serikat yang menjadi salah seorang atlet dunia paling berprestasi di olimpiade sepanjang masa. Carl Lewis adalah pemegang rekor dunia lompat jauh, dan tak terkalahkan sejak tahun 1984. Dia juga pernah mencatat waktu di bawah 10 detik pada nomor lari 100 meter, dan di bawah 20 detik di nomor lari 200 meter. Prestasinya, sembilan medali emas dan dua medali perak pada ajang olimpiade tahun 1984, 1988, 1992 dan 1996.

8.Nikolai Andrianov


Nikolai Andrianov dianggap sebagai pesenam pria terbaik sepanjang masa. Bahkan, hingga kini atlet dari Uni Soviet ini juga masih memegang rekor pria individu untuk sebagian medali olimpiade dalam cabang senam artistik. Total 15 medali telah diraihnya sepanjang karirnya di olimpiade pada Olimpiade Munchen tahun 1972, Olimpiade Montreal tahun 1976 dan Olimpiade Moskow tahun 1980. Yakni, tujuh medali emas, lima perak, dan tiga perunggu.



9.Larisa Latynina


Memenangkan total 18 medali sepanjang karir olimpiadenya, Larisa Latynina dikenal sebagai pesenam terbaik dunia. Bahkan, rekor atlet Uni Soviet ini juga masih tidak terkalahkan untuk 14 medali di cabang individu. Dia meraih empat medali emas, satu perak, dan satu perunggu di Olimpiade Melbourne tahun 1956; tiga emas, dua perak, dan satu perunggu di Olimpiade Roma tahun 1960, serta dua emas, dua perak, dan dua perunggu di Olimpiade Tokyo 1964.


10.Michael Phelps


Perenang Amerika Serikat, Michael Phelps bisa dikatakan sebagai atlet dunia yang paling berprestasi di Olimpiade sepanjang masa. Dia menjadi alet dengan raihan medali terbanyak di olimpiade, yakni 22 medali pada kurun waktu penyelenggaraan Olimpiade Athena 2004, Olimpiade Beijing 2008, dan Olimpiade London 2012. Bahkan, sejumlah rekor dunia milik seniornya, Mark Spitz yang telah bertahan selama puluhan tahun berhasil dipecahkannya.


11.Pelé, soccer


Edson Arantes do Nascimento atau lebih dikenal sebagai Pelé adalah legenda sepak bola dunia yang berasal dari Brasil. Selama kariernya sebagai pemain, Pele berhasil membawa Brasil menjadi Juara Dunia Sepak bola sebanyak 3 kali, yaitu pada tahun 1958 di Swedia, tahun 1962 di Chili, dan tahun 1970 di Meksiko.



12.Michael Jordan, NBA


Michael Jeffrey Jordan adalah pemain bola basket profesional asal Amerika. Ia merupakan pemain terkenal di dunia dalam cabang olahraga itu. Setidaknya, enam kali merebut kejuaraan NBA bersama kelompok Chicago Bulls. Ia memiliki tinggi badan 198 cm dan merebut gelar pemain terbaik.





13.Muhammad Ali,


Muhammad Ali adalah mantan petinju professional asal Amerika Serikat yang dikenal secara luas sebagai salah satu tokoh olahraga yang paling signifikan dan terkenal dari abad ke-20. Dari awal kariernya, Ali dikenal sebagai sosok inspiratif, kontroversial dan berpengaruh baik di dalam maupun di luar ring





14.Julius Erving "Dr. J", NBA


Julius Winfield Erving II, biasanya dikenal dengan julukan Dr. J, adalah mantan pemain bola basket dari Amerika Serikat








15.Paolo Maldini, 


Paolo Maldini adalah seorang mantan pesepak bola profesional Italia yang bermain pada posisi bek kiri dan bek tengah di klub Serie A AC Milan dan Tim nasional sepak bola Italia. Ia menghabiskan seluruh kariernya di Serie A selama 25 tahun bersama A.C. Milan sebelum pensiun pada umur 41 pada tahun 2009.






16.Marco van Basten


Marcel "Marco" van Basten adalah seorng manajer sepak bola dan mantan pemain sepak bola Belanda, yang pernah bermain untuk Ajax dan Milan, serta tim nasional Belanda, pada dekade 1980-an dan awal 1990-an sebagai seorang penyerang




17.John McEnroe


John Patrick McEnroe Jr. adalah pensiunan pemain tenis Amerika, sering dianggap sebagai yang terbesar dalam sejarah olahraga. Dia dikenal karena keterampilan seni membuat dan voli, dan juga perilaku konfrontatif di lapangan yang sering membuatnya bermasalah dengan wasit dan otoritas tenis.



18.Pete Sampras


Pete Sampras adalah mantan petenis nomor satu dunia asal Amerika Serikat. Ia dianggap sebagai salah seorang petenis putra terbaik dunia sepanjang sejarah. Tinggi badannya adalah 185 cm






19.Ingemar Stenmark,


Jan Ingemar Stenmark adalah mantan pembalap ski alpine Piala Dunia dari Swedia. Dia dianggap sebagai salah satu atlet Swedia paling terkemuka yang pernah ada, dan sebagai slalom terbesar dan spesialis slalom raksasa sepanjang masa. Dia berkompetisi untuk Fjällvinden Tärnaby.




20.Lionel Messi


Lionel Andrés "Leo" Messi adalah seorang pemain sepak bola Argentina yang saat ini bermain untuk FC Barcelona dan merupakan kapten tim nasional sepak bola Argentinadan FC Barcelona, bermain sebagai penyerang. Ia adalah pencetak gol terbanyak Barcelona sepanjang sejarah.



21.Rod Laver


Rodney George Laver AC, MBE, lebih dikenal sebagai Rod Laver, adalah mantan pemain tenis Australia. Dia adalah profesional peringkat 1 dari 1964-1970, mencakup empat tahun sebelum dan tiga tahun setelah dimulainya Era Terbuka pada tahun 1968. Dia juga adalah peringkat amatir nomor 1 pada tahun 1961-1962.












22.Wayne Gretzky


Wayne Douglas Gretzky CC adalah seorang mantan pemain hoki es profesional dan mantan kepala pelatih asal Kanada. Ia memainkan 20 mesin di National Hockey League untuk empat tim dari 1979 sampai 1999.





23.Babe Ruth


George Herman Ruth, Jr. adalah pemain bisbol Amerika Serikat yang bermain di Major League Baseball dari tahun 1914 hingga 1935. Babe Ruth menyandang gelar sebagai pemain bisbol terbesar sepanjang sejarah menurut berbagai survei dan peringkat pebisbol.




24.Valentino Rossi


Valentino Rossi adalah seorang pembalap di kejuaraan grandprix motor dunia setelah era Michael Doohan, dengan titel juara dunia di empat kelas yang berbeda yang diraihnya dalam waktu tujuh tahun berkarier.







25.Mike Tyson


Michael Gerard Tyson alias Malik Abdul Aziz adalah petinju profesional dan mantan juara kelas berat. Kariernya yang sangat menjanjikan terhambat oleh berbagai kasus kriminal. Julukan Mike Tyson secara internasional adalah "Iron Mike", merujuk pada postur tubuhnya yang kuat bagaikan besi






26.Serena Williams


Serena Jameka Williams adalah seorang Afro-Amerika yang menjadi petenis tunggal putri profesional dunia, dan juga mantan petenis tunggal putri No. 1 dunia versi Women's Tennis Association. Dia saudara muda atau adik kandung juara tenis putri dunia juga yaitu Venus Williams.



27.Christiano Ronaldo


Di cabang sepak bola, Christiano Ronaldo masih menjadi atlet terbaik. Saat penampilannya bersama Manchester United, Ronaldo mampu membawa timnya mendominasi kemenangan di Liga Inggris dan Eropa. Tidak heran jika Real Madrid tertarik mendatangkannya ke Santiago Bernebau.

Ronaldo kemudian menunjukkan telenta luar biasa di La Liga hingga kemudian beberapa kali mendapat gelar pemain terbaik dunia. Pemain asal Portugal tersebut telah mencetak 285 gol pada 265 penampilannya.

Ronaldo telah mengantarkan timnya meraih 5 gelar baik Premier League maupun La Liga. Dia juga telah meraih 3 gelar Liga Champions, Liga Eropa, dan 4 penghargaan Ballon d’Or.

28.Shawn Ray


Walaupun ia dikenal tidak memenangkan satupun juara Mr.Olympia namun ia menunjukkan Proposional dan Simetris otot tubuhnya yang menawan. Shawn Ray lebih mementingkan Seni Artistik visual dimana pada saat ini massa otot lebih penting dibandingkan bentuk dan ukuran proposional tubuh.

Shawn Ray dikenal sebagai salah satu Kontestan ajang Binaraga yang selalu masuk dalam peserta 5 terbaik, dari keseluruhan 30 ajang Binaraga yang diikutinya hanya 1 kali ia pernah gagal tidak masuk dalam Kontestan 5 terbaik. ia juga memiliki rekor fantastis dimana dirinya merupakan Kontestan 5 terbaik di Mr. Olympia 12 tahun berturut-turut dari 1990 - 2001.

29.Sarah Burke


Sarah Jean Burke adalah pemain ski gaya bebas Kanada yang merupakan perintis acara superpipe. Dia adalah peraih medali emas X Games Musim Dingin lima kali, dan memenangkan kejuaraan dunia dalam halfpipe pada tahun 2005.






30.Patrick de Gayardon


adalah seorang skydiver Prancis, skysurfer, dan jumper BASE. De Gayardon terkenal karena mendorong batas-batas skydiving. Dia adalah salah satu orang pertama yang mengembangkan gaya unik skysurfing, di mana skydivers menggunakan papan salju untuk membuat manuver aerobatik.




Sebenarnya masih banyak sekali atlet-atlet handal yang ada didunia, mereka sangat mengisnpirasi kalangan muda maupun tua untuk terus beprestasi membanggakan nama baik negara dan keluarga.

Postingan terkait: