SELAMAT DATANG DI ROCHESTER JERSEY TEMPAT PRODUKSI JERSEY BORDIR DAN PRINTING JOGJA

MACAM-MACAM OLAHRAGA AIR BESERTA MANFAAT DAN PENJELASANNYA

MACAM-MACAM OLAHRAGA AIR BESERTA MANFAAT DAN PENJELASANNYA

Olahraga adalah kebutuhan utama sebagai manusia. Karena olahraga merupakan salah satu cara agar kita bisa terus menjaga kesehatan jasmani maupun rohani.

Olahraga bisa dilakukan di mana saja. Baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. dI Lapangan maupun di jalanan. Baik di darat maupun di air.

Tapi pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang macam-macam  olaharaga air yang ada di dunia. Tentunya beserta gambar, manfaat dan penjelasannya.

Sebenarnya olahraga air ini bayak seklai jenisnya. Tapi, kita akan membahas 10 jenis olaharaga air yang mungkin bisa kalian coba. Mari simak....

1. Renang

Renang adalah olahraga yang tidak menggunakan gaya gravitasi bumi (non weight barring). Olahraga renang bisa meningkatkan kesehataan kamu.

Olahraga ini juga bisa dibilang minim resiko akan terjadinya cedera fisik. Karena ketika berenang, berat badan kamu ditahan oleh air sehingga mengapung.
Selain itu, renang adalah olahraga yang paling dianjurkan bagi yang mempunyai berat badan berlebih (obesitas), ibu hamil, dan penderita gangguan persendian tulang (arthritis).

Banyak manfaat yang bisa didapat melalui olahraga renang ini. Di antaranya:
-Membentuk otot
-Meningkatkan kemampuan fungsi paru-paru dan jantung
-Menambambah tinggi badan
-Melatih pernafasan
-Membakar kalori lebih banyak
-Menghilangkan stres

2. Polo Air

Polo air merupakan olahraga air yang dimainkan secara beregu. Olahraga ini dianggap sebagai kombinasi dari renang, sepak bola, bola basket, dan gulat.
Masing-masing tim terdiri dari 6 orang pemain dan seorang kiper. Sasaran dari permainan polo air ini sama seperti sepak bola, yaitu mencetak gol sebanyak-banyaknya.


Manfaat :
-Baik bagi jantung
-Membakar cukup banyak kalori
-Membangun daya tahan tubuh
-Membentuk otot
-Tidak membuat tubuh cepat lelah

3. Snorkeling

Snorkeling atau yang disebut juga dengan skin diving (selam dangkal) ialah kegiatan menyelam dengan memkai alat-alat berupa masker selam dan snorkel.

Selain itu, biasanya para penyelam juga menggunakan alat bantu gerak, yaitu kaki katak untuk menambah daya dorong kaki.
Snorkel sendiri merupakan alat selam berupa selang berbentuk huruf J dengan pelindung mulut di ujung sebelah bawahnya.
Fungsi alat ini adalah sebagai alat bantu pernafasan agar penyelam tidak perlu mengangkat kepalanya ke atas permukaan air untuk berafas. Sehingga pemandangan indah di bawah air bisa dinikmati sambil berenang.Jadi, intinya snorkeling ini hanya dilakukan di permukaan air saja. Karena hanya memakai peralatan yang standar seperti yang saya tuliskan di atas.

Snorkeling pun hanya bisa dilakukan pada siang hari. Karena sangat mengandalkan sinar dari matahari.

Manfaat :
-Menurunkan resiko diabetes
-Menurunkan berat badan
-Otot & tulang menguat
-Mengatasi masalah pernafasan
-Menjaga kesehatan kerja jantung
-Menurunkan resiko jantung
-Menurunkan racun

4. Diving

Diving atau menyelam adalah kegiatan yang berbeda dengan snorkeling. Snorkeling dilakukan di permukaan air, sedangkan diving dilakukan di dalam air.
Diving bisa dibedakan menjadi 2 macam, yaitu :







a. Free Diving

Free diving atau selam bebas adalah kegiatan menyelam dengan menahan nafas selama beberapa waktu di dalam air.
Free diving dilakukan hanya mengandalkan paru-paru tanpa alat bantu pernafasan.
Makanya, melakukan selam bebas ini dibutuhkan kemampuan menahan nafas yang baik dan benar.

b. Scuba Diving

Scuba Diving merupakan kegiatan menyelam di dalam air dengan menggunakan alat bantu pernafasan berupa tabung udara.
Kata scuba berasal dari singkatan Self Contained Underwater Breathing Apparatus, yaitu alat yang dibawa oleh para penyelam saat melakukan scuba diving.
Dengan tabung udara yang dipakai saat menyelam ini, para scuba divers bisa lebih bebas beraktifitas di dalam air tanpa perlu menahan nafas.

Manfaat Diving :
-Menghilangkan stress
-Melatih pernafasan
-Bakar kalori besar-besaran
-Melatih semua otot tubuh saat anda mulai menyelam, seluruh otot tubuh anda akan melawan arus air berat.

5. Kano

Kano ialah sebuah perahu kecil yang sempit. Biasanya digerakkan oleh tenaga manusia. Tapi juga bisa dipasang layar.
Umunya, kano ini kedua ujungnya lancip dan bagian atasnya terbuka. Tapi bagian ini bisa diberi tutup.
Kano yang memakai tenaga manusia digerakkan dengan kayuh. Jumlah pengayuhnya tergantung ukuran kanonya sendiri. Tapi umumnya dua.

Posisi para pengayuh yaitu duduk menghadap ke arah tujuan perjalanan. Sehingga membedakannya dengan olahraga dayung yang menghadap belakang.

Manfaat kano adalah :
-Melatih kekuatan otot tangan
-Menguatkan genggaman tangan
-Melatih motorik halus dan kasar
-Membakar lemak di bagian atas
-Menurunkan berat badan

6. Memancing

Mancing adalah sebuah olahraga, hobi, atau bisa juga menjadi pekerjaan atau profesi.

Secara luasnya, memancing adalah kegiatan menangkap ikan di pinggir atau di tengah laut, sungai, danau, atau perairan lainnya dengan target seekor ikan.

Tapi, dalam prakek dan hasil buruannya, tidak di setiap kegiatan memancing selalu mendapatkan hasil seekor ikan. Memancing juga dapat diartikan selain untuk menangkap ikan, seperti kodok, penyu, cumi-cumi, dan gurita.

Berdasarkan ala buruannya, memancing dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:

-Memancing ikan air laut, dan
-Memancing ikan air tawar.
Pada dasarnya, memancing hanyalah salah satu dari banyak cara dalam menangkap ikan. Jadi, sebenarnya banyak cara lain selain memancing untuk menangkap ikan.

Manfaat memancing :
-Menghlangkan stress
-Memancing adalah hobi yang paling menyenangkan
-Memancing dapat melatih  kesabaran
-Memancing sebagai alternativ olahraga bagi kesehatan tubuh
-Memancing meningkatkan konsentrasi
-Memancing dapat digunakan untuk terapi kejiawaan.

7. Surfing

Surfing atau selancar adalah olahraga yang umumnya dilakukan di atas ombak yang tinggi.

Selancar dilakukan dengan memakai sebuah papan khusus yang dinamai papan selancar sebagai alat untuk bermanuver di atas ombak.
papan tersebut akan bergerak dengan memanfaatkan tenaga arus ombak di bawahnya yang arahnya dikendalikan oleh peselancar.
Adrenalin akan terpacu karena tertekan untuk mengarahkan papan selancar sekaligus menjaga keseimbangan. Mirip rodeo, tetapi dalam surfing ini, yang ditunggangi adalah ombak liar.

Manfaat surving ialah :
-Fleksibilitas yang meningkat
-Peningkatan keseimbangan badan
-Penguatan otot kaki diatas  papan surving
-Mendapatkan tidur yang lebih baik
-Kesehatan mental
-Kardiovaskular dan kesehatan jantung

8. Jet ski

Jetski adalah salah satu olahraga air yang menarik. Dengan mengendarai mesin berkapasitas 700cc untuk menjelajahi keindahan pantai Tanjung Benoa, pesisir selatan pulau Bali. Olah raga ini sudah dilengkapi dengan jaket pelampung dan ditemani oleh pemandu jetski profesional untuk menjamin keselamatan anda dan memberikan anda pengalaman bermain jetski yang aman dan nyaman.



Manfaat jet ski :
-Tubuh lebih sehat
-Mental yang kuat
-Terhindar dari stress
-Mengatasi depresi
-Percaya diri meningkat
-Menjadikan tulang kuat

9. Flowboarding

Olahraga air terdiri dari berbagai macam seperti berenang, surfing di pantai, snorkeling di bawah laut, diving dan yang terbaru adalah flowboarding. Flowboarding merupakan olahraga air yang menggabungkan antara surfing, skimboarding, bodyboarding, wakeboarding, skateboarding dan snowboarding.

Olahraga ini hampir sama dengan surfing namun dilakukan tanpa harus ke pantai. Jika surfing menggunakan air ombak dari belakang sebagai penggerak, flowboarding ini menggunakan air yang didesain khusus seperti ombak buatan dan dari arah depan

Manfaat yang didapat :
-Menghilangkan stress
-Mengatasi depresi
-Membuat hidup jauh lebih menyengakan
-Baik untuk jantung

10. Rafting 

Rafting atau Arung jeram adalah suatu aktifitas pengarungan bagian alur sungai yang berjeram/riam, dengan menggunakan wahana tertentu. Pengertian wahana dalam pengarungan sungai berjeram / riam yaitu sarana / alat yang terdiri dari perahu karet, kayak, kano dan dayung. Tujuan berarung jeram bisa dilihat dari sisi olah raga, rekreasi dan ekspedisi.Jadi dengan demikian kita dapat definisikan bahwa olah raga Arung Jeram (White Water Rafting) merupakan olah raga mengarungi sungai berjeram, dengan menggunakan perahu karet, kayak, kano dan dayung dengan tujuan rekreasi atau ekspedisi.

Rafting atau Arung jeram sebagai olah raga kelompok, sangat mengandalkan pada kekompakan tim secara keseluruhan. Kerja sama yang terpadu dan pengertian yang mendalam antar awak perahu, dapat dikatakan sebagai faktor utama yang menunjang keberhasilan melewati berbagai hambatan di sungai. Tak dapat dibantah bahwa Arung Jeram merupakan olah raga yang penuh resiko (high risk sport). Namun demikian, setiap orang mampu melakukannya – asalkan dia dalam kondisi “baik”; baik dalam arti pemahaman teknis, kemampuan membaca medan secara kognitif, dan sehat fisik dan mental.

Jadi,rafting atau arung jeram adalah olah raga yang menuntut keterampilan. Untuk itu sangat membutuhkan waktu untuk berkembang. Perkembangan ke arah mencapai kemampuan yang prima, hanya mungkin apabila mau mempelajari sifat-sifat sungai, serta bersedia melatih diri di tempat itu. Kecuali perlu mengembangkan pengetahuan mengenai sifat-sifat sungai, wajib pula berlatih berdayung, berkayuh di sungai. Implikasinya butuh mengembangkan kemampuan fisik, agar selalu mencapai kondisi seoptimal mungkin. Hal lain yang patut diingat, adalah berlatih cara-cara menghadapi keadaan darurat di sungai. Hal ini penting untuk melatih kesiapan, kemampuan dan kepercayaan diri, apabila memang harus menghadapinya.

Manfaat yang di dapat :
-Melatih kekuatan otot tubuh
-Mmebantu pembakaran kalori tubuh
-Memperkuat otot jantung
-Mmebersihkan paru-paru
-Merelaksasi pikiran
-Menghilangkan stress

Wow seru banget gak sih ??? tenang saja bagi kalian yang tertarik untuk mencoba olahraga air ini, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri karna di beberapa daerah di Indonesia sudah ada lohhh.. habiskan akhir pekan kalian olahraga air dengan keluarga tercinta jadi makin seruu...

Postingan terkait: